2009年8月17日

Wanita Taiwan Lebih Pandai Menabung!

(Kantor Pos Taipei di persimpangan Jalan Zhonghua dan Jalan Zhongxiao Barat, salah satu yang paling tua dan besar di Taiwan)

Dari laporan diketahui rupanya wanita Taiwan suka menabung, uang tabungannya di bank kantor pos lebih banyak satu lipat dari kaum pria. (Perlu diketahui kantor pos Taiwan diijinkan mengoperasikan usaha perbankan.) Menurut statistik, di Taiwan ada sekitar 30 juta nasabah bank kantor pos dan diantaranya nasabah wanita berjumlah 16 juta orang. Uang tabungan mereka lebih banyak NTD 1 triliun daripada kaum pria, dan usia nasabah wanita ini kebanyakan 40 tahun keatas tetapi belum mencapai usia 65 tahun. (Kurs 14 Agustus 2009, NTD 1 = Rp 302.)

Wanita diatas usia 40 tahun hingga 50 tahun adalah nasabah utama, sebanyak 3 juta 170 ribu orang. Nilai tabungan wanita yang berusia 50 tahun keatas dan masih belum sampai 60 tahun terbanyak, mencapai NTD 590 miliar lebih. Pemilik nilai deposito yang tertinggi kebanyakan nasabah wanita berusia 60-65 tahun, kebanyakan sudah pensiun, pukul rata setiap nasabah mempunyai deposito NTD 269.000.

Wanita Taiwan juga suka membeli asuransi jiwa, nilai jaminannya juga dua lipat lebih besar daripada yang dibeli kaum pria.

Mengapa wanita yang menabung uang di bank kantor pos lebih banyak dari pada kaum pria? Kalangan umum menganggap dikarenakan terutama mungkin terpengaruh kebanyakan ibu rumah tangga yang sejak dulu terbiasa menyimpan uang di bank kantor pos karena dianggap aman (Bank kantor pos adalah usaha milik negara.) Apalagi bagi yang sudah berusia lanjut lebih banyak yang menganggap demikian, juga tidak sedikit ibu yang membeli asuransi jiwa dan asuransi tabungan demi anaknya di bank kantor pos. (Mimi Susanti/Foto:Tsai I-Ta's Blog)

沒有留言:

張貼留言