2009年8月13日

Awas minyak Goreng McDonald’s dan Domino Pizza didapati mengandung Arsenik

Beberapa saat lalu di Taiwan diributkan masalah adanya kandungan arsenik pada minyak goreng yang digunakan oleh rumah makan cepat saji atau fastfood terkemuka McDonald’s dan Domino Pizza. Sebenarnya apa arsenik itu dan dampak apa yang bisa diberikan bagi tubuh manusia? Arsen, arsenik atau arsenikum adalah unsur kimia yang memiliki simbol As. Ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik - kuning, hitam dan abu-abu. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida dan insektisida dan beragam aloy.

Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor, dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. Ketika dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi, berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu.

Anggota Akademia Sinika Chen Chien Ren mengatakan, keracunan perlahan yang diakibatkan oleh arsenik, bisa mengakibatkan seluruh tubuh menderita sakit, sangat mengerikan, kalau dipastikan minyak goreng mengandung arsenik dalam kadar tinggi, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membuangnya dan mengusut proses pembuatan dibagian hulu. Chen berpendapat, minyak goreng yang didapati mengandung arsenik, asalnya mungkin ada dua. Pertama, berasal dari makanan dan kedua, minyak goreng itu sendiri ada masalah, seharusnya diperiksa lebih lanjut.

Dikarenakan tubuh manusia tidak boleh menyerap arsenik berlebihan maka bagi para penggemar makanan cepat saji saya sarankan untuk berhati-hati, karena kita juga tidak tahu berapa lama pihak penjual menggantikan minyak goreng yang dipakainya. Kalau tidak sering menggantinya, ini mungkin bisa membahayakan kesehatan kita , karena menurut studi kalau terlalu banyak menyerap arsenik, bisa mengakibatkan kanker. (Tommy Hartono/Foto: CTS)

1 則留言: