2009年8月12日

Goresan Kilas Balik Temu Pendengar (31 Juli 2009)

(Ramah tamah di rumah kediaman Mr. Yang Jing thian)

Setelah 52 tahun mengudara, RTI siaran Indonesia untuk pertama kalinya menggelar Temu Pendengar langsung di tanah air. Setelah melalui berbagai tahapan persiapan, tim RTI yang dipimpin langsung oleh ibu Alice Kao (Chairwoman of RTI), serta Mr. Chang (Chief of Bao Chung Station), Tony Thamsir dan Tommy Hartono (Staf RTI SI), bersama meninggalkan Taiwan dengan pesawat Eva Air pada tanggal 31 Juli 2009, untuk terbang langsung ke Jakarta, Indonesia.

Stres, khawatir, deg-degan, semuanya berkumpul jadi satu di udara, saat tim rombongan RTI ini berada di dalam pesawat. Bukan hal yang aneh memang, karena kegiatan ini sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 2008. Semua staff RTI telah dikerahkan, semua pendengar setia juga telah dilibatkan, hingga Kantor Dagang & Ekonomi kedua negara, baik Taiwan maupun Indonesia, pihak Friend’s Travel di Jakarta dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Mungkin banyak yang tidak tahu, persiapan ini benar-benar telah membuat sibuk berbagai pihak. Misalnya souvenir untuk pendengar yang dikirim jauh-jauh hari sebelumnya, pengaturan perjumpaan dengan media Indonesia, pembuatan kartu undangan, pemesanan meeting room di hotel, pencarian sponsor dan masih banyak lagi.

Selama dalam perjalanan di udara, kami semua terus mendiskusikan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi serta cara penanganannya. Aneh memang, namun itulah kenyataannya. Kita khawatir acara Temu Pendengar dan kunjungan ke instansi tidak berjalan sesuai rencana.
Lima jam kemudian, tim rombongan tiba di Bandara Sukarno-Hatta, Jakarta. Kita disambut oleh Kepala TETO (Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan), Mr. Yang Jing Thian, beserta staf. Setelah melalui prosedur keimigrasian, kamipun diantar hingga ke hotel Sari Pan Pacific, tempat tim RTI menginap dan menyelenggarakan kegiatan.

Malamnya, kami diundang untuk makan malam serta menikmati sajian penampilan kesenian music tradisional Tiongkok di rumah kediaman Kepala TETO di kawasan Kuningan, Jakarta.

(Penampilan kesenian musik tradisional Tiongkok)

(Ibu Alice Kao memberikan Suvenir kepada Kepala TETO, Mr. Yang Jing Thian)

Usai pertemuan di Kuningan, kamipun kembali ke hotel untuk memulai pekerjaan: Membungkus souvenir untuk pendengar yang akan dibagikan kepada para peserta TP sesi Jakarta, 1 Agustus 2009. Hari pertama yang kami lewati dengan lancar, dan berdebar menunggu hari esok.

Bersambung…
(Tony Thamsir/Foto: arsip RTI)

沒有留言:

張貼留言